Wednesday, January 29, 2014

Tips SEHAT HIPERTENSI





SEHAT UNTUK MENCEGAH HIPERTENSI


Hipertensi (HT) atau Tekanan Darah Tinggi,ter kadang  disebut dengan hipertensi arteri, ialah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri yang meningkat. Peningkatan tekanan darah menyebabkan jantung harus lebih bekerja keras dari  biasanya dalam mengedarkan darah yang melalui pembuluh darah. Dua Pengukur Tekanan darah yang sistolik dan diastolik, tergantung pada otot jantung yang berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada waktu istirahat yaitu kisaran sistolik ( bacaan atas ) 100 –140 mmHg sedangkan  diastolik ( bacaan bawah ) 60 –90 mmHg. Hipertensi / Tekanan darah tinggi terjadi apabila terus-menerus berada diantara 140/90 mmHg atau lebih.

Dalam tubuh Tekanan darah  harus  terkontrol, Supaya tekanananya menjadi tenaga yang bisa mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Jika seorang penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi maka beresiko merusak merusak pembuluh darah dan jika tidak segera di obati sejak dini, maka dapat merusak organ tubuh yang fital seperti jantung dan ginjal :


Untuk menjegah agar  terhindar dari penyakit Hipertensi atau tekanan darah tinggi dan menjaga biar tetap sehat, supaya tidak terjadi komplikasi penderita hipertensi harus memperhatikan tips tips sebagai berikut :
  1.  Mengatur Pola Makan

  •  Mengurangi berat badan atau diet, secara teratur dan tidak berlebihan

  •  Menghindari Merokok

  • Kurangi Makan Makanan yang Berlemak.

  • Hindari minuman yang beralkohol,soda dan kafein.

  • Makanan yang di konsumsi sehari hari harus berpariasi.

  • Batasi mengkonsumsi garam dan sumber makan yang didalamnya mengandung Natrium atau Sodium

  • Perbanyak konsumsi Omega-3, magnesium, kalsium, kalium, dan vitamin C.
  1. Lakukan aktifitas fisik, seperti berolaraga yang teratur, biar peredaran darah berjalan dengan lancer lakukan kegiatan olah raga minimal 30 menit sehari. “Untuk penderita Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi  agar jenis olah raganya dapat teratur dengan baik sesuai  dengan kondisi penderita sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kedokter “
  2. Atur waktu istirahat yang cukup untuk kebugaran tubuh
  3. Bersantailah bersama keluarga pererat tali silaturahim bersama, kerabat,teman,tetangga atau orang orang yang ada di sekitar kita, untuk keseimbangan jiwa. Tidur yang yeyak dan bersosialisasi dapat menyeimbangkan hormone yang dihasilakn oleh  tubuh lebih sehat.  
Unknown Web Developer

No comments:

Post a Comment