Sunday, January 26, 2014

INFEKSI SALURAN KEMIH




BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
  Pembangunan Kesehatan pada hakekatnya adalah upaya kesehatan oleh bangsa Indonesia untuk mencapai kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal maka dikembangkan upaya kesehatan untuk seluruh masyarakat dengan melibatkan peran serta masyarakat yang mencakup upaya peningkatan/ promotif, pencegahan/ preventif, menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.
Sebagaimana kita ketahui bahwa infeksi saluran kemih adalah suatu penyakit gangguan sistem perkemihan yang perlu mendapat perhatian khusus karena dapat menjadi penyebab terjadinya berbagai macam penyakit pada ginjal seperti : Hidronefrosis, Pyelonefritis, Nefrolitiasis, Glomerullonefritis, dsb.
Penyembuhan penyakit infeksi saluran kemih tidak hanya dengan pengobatan dan perawatan saja, tetapi yang tidak kala pentingnya dalam penyembuhan ini adalah mengatur pola makan sesuai dengan program dan juga pendidikan tentang gizi bagi klien dan keluarganya. Semua ini dapat dikerjakan baik oleh semua tim kesehatan yang merupakan bagian dari tim yang menangani klien bersama dengan dokter, perawat, ahli gizi, rehabilitasi dan tentu saja ditopang oleh keadaan dan dorongan oleh keluarga.
Data dari Rumah Sakit .  bahwa dari 1000 penderita infeksi saluran kemih, jumlah klien yang dirawat pada tahun 2002 (Januari – Desember) terdapat 24 (0,86%) penderita infeksi saluran kemih. Dan pada tahun 2003 (Januari – Juni) dari 1853 penderita infeksi saluran kemih, jumlah klien yang dirawat sebanyak 6 (0,32 %) penderita infeksi saluran kemih.
Atas dasar inilah dan hasil penentuan kasus, maka penulis tertarik mengambil judul “Asuhan Keperawatan Pada Klien Tn. AS dengan infeksi saluran kemih di ruang Perawatan Interna  Rumah Sakit.”.

B.     Tujuan Penulisan

1.   Tujuan Umum
Untuk memperoleh gambaran yang nyata tentang pelaksanaan asuhan keperawatan pada klien dengan infeksi saluran kemih.
      2.   Tujuan Khusus
a.       Untuk memperoleh gambaran tentang pengkajian fisik, mental, social dan spiritual pada kasus infeksi saluran kemih.
b.   Untuk dapat memperoleh gambaran tentang perencanaan keperawatan klien dengan kasus infeksi saluran kemih, baik masalah keperawatan yang bersifat aktual maupun yang bersifat masalah keperawatan resiko.
c.  Untuk dapat memperoleh gambaran tentang cara pelaksanaan tindakan perawatan pada klien infeksi saluran kemih
d.   Untuk memperoleh gambaran tentang hambatan-hambatan yang timbul dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan kasus infeksi saluran kemih.
e.  Untuk mendapatkan gambaran tentang evaluasi pelaksanaan keperawatan pada klien dengan infeksi saluran kemih
f.   Untuk mendapatkan pengalaman dalam mendokumentasikan asuhan keperawatan pada klien dengan kasus infeksi saluran kemih

C.    Manfaat Penulisan
a.     Sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan pendidikan pada Politeknik Kesehatan Jurusan Keperawatan Program Studi Keperawatan .
b.      Sebagai bahan masukan bagi perawat diruang perawatan penyakit dalam, Rumah Sakit.
c.    Sebagai bahan bacaan bagi Mahasiswa Politeknik Kesehatan Jurusan Keperawatan Program Studi Keperawatan .

D.    Metode Penulisan
Metode penulisan yang digunakan dalam pembuatan karya tulis ilmiah ini adalah menggunakan sistem pendekatan studi kasus dan studi kepustakaan
1.      Pendekatan studi kasus meliputi :
a.       Mengadakan wawancara/anamnese secara langsung terhadap klien dan keluarga.
b.      Melaksanakan pemeriksaan fisik untuk mendapatkan data objektif sesuai dengan kebutuhan pengkajian kasus.
c.    Observasi langsung ditujukan kepada klien untuk mengetahui perkembangan dari tindakan yang telah diberikan sebagai dasar untuk tindakan selanjutnya.
d.      Diskusi langsung dengan pembimbing karya tulis dan pembimbing di ruangan perawatan serta teman-teman mahasiswa.
2.      Studi kepustakaan meliputi :
Mempelajari buku-buku mengenai infeksi saluran kemih dan proses perawatannya.

E.     Sistematika Penulisan

Pembahasan Karya Tulis ini dibagi dalam 5 (lima) bab yaitu :
Bab I   :     Adalah pendahuluan yang menguraikan latar belakang, batasan Masalah, manfaat penulisan, tujuan penulisan, metode penulisan, serta sistimatika penulisan.
Bab II  :     Konsep Dasar terdiri dari :
Konsep dasar medis terdiri atas : pengertian, etiologi, anatomi fisiologi, patofisiologi, macam-macam infeksi saluran kemih, gambaran klinis, komplikasi, pemeriksaan diagnostik, pengobatan infeksi saluran kemih.
Konsep dasar keperawatan  terdiri dari ; pengkajian (assessment), perencanaan  (nursing care planning), tindakan keperawatan (nursing intervention), evaluasi (nursing evaluation).
 Bab III :   Tinjauan Kasus
                       Membahas asuhan keperawatan pada Tn. AS”, dengan gangguan system perkemihan, infeksi saluran kemih di Rumah Sakit.  di Ruangan Perawatan Penyakit Dalam  dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan.
Bab IV      : Pembahasan
                        Bab ini menguraikan tentang kesenjangan antara teori dan praktek                           keperawatan yang telah dilaksanakan terhadap kasus yang ditentukan.
      Bab V :     Kesimpulan dan Saran
                      Merupakan perumusan dari seluruh isi karya tulis ini dan input atau  tanggapan dari bab-bab yang dirumuskan untuk diadakan perbaikan serta penyempurnaan
Unknown Web Developer

1 comment: